Macam Mouse dan Printer

MOUSE

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Nama mouse berasal dari bentuknya yang terlihat menyerupai tikus, dan kabel yang menghubungkan terlihat seperti ekor tikus.   Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. mouse menjadi lompatan besar dalam ergonomi komputer karena mouse membebaskan user secara luas dari pemakaian keyboard. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse juga sangat berguna pada aplikasi grafis yang memungkinkan kita membuat coretan gambar menggunakan mouse layaknya menggunakan pen, pensil, atau kuas.

Berdasarkan konektor dari mouse, terdapat :

  1. Mouse serial, yaitu mouse dengan konektor serial (RS 232C). Mouse yang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum.Biasanya mouse ini digunakan pada computer Pentium 1 dan Pentium 2.

mouse serial

2 . Mouse PS/2, mouse dengan konektor PS/2. Mouse yang umumnya digunakan pada      computer Pentium 3 dan Pentium 4.

MOUSE PS2

3. Mouse USB (Universal Serial Bus), mouse dengan konektor USB. Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas.Digunakan pada computer Pentium 3 dan 4.

MOUSE USB

 

  1. Mouse Cordless, mouse tanpa kabel. Mouse ini tersambung ke komputer dengan gelombang radio atau infra merah. Mouse cordless lebih mahal dari pada mouse serial maupun mouse usb.

CORDLESS

PRINTER

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.
berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai ketiga jenis printer tersebut:

1. Jenis Printer Dot Matrik

Jenis printer Dot Matrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan hentakan jarum pada pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling menghubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan. Berhubung menggunakan pita sebagai sumber warnanya, maka warna yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Hanya hitam, biru, dan merah saja. Dan jarang sekali yang dapat menggunakan ketiga warna ini secara sekaligus. Resolusi cetaknya masih sangat rendah, karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. menurut sejarahnya jenis printer Dot Matrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. produsen printer jenis dot martik yang cukup terkenal adalah Epson, dengan produknya Epson LX – 300, epson LX 800 dan lain-lain.EPSON LX.

Kegunaan :

Printer dot matrik dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.

Kelebihan :

– printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal awet.
– pita printer dot matrik jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer   jenis inkjet dan laserjet.
– Jenis printer dot matrik sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang  non-color.
– Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.
– Dapat mencetak rangkap sekaligus.
– Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.

jenis-dot-matrix-gambar2. Jenis Ink Jet

Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilkan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot matrik,  jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.

Kegunaan :

Printer Inkjet memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik biasanya digunakan untuk mencetak gambar,makalah dll.

Kelebihan :

– Tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus.
– Menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/berisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
– Menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan jenis printer sebelumnya, pada khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik.
– Dpi dan Ppm lebih tinggi dibandingkan dot matrik.
– Kebih mudah mencetak gambar dan warna.
– Kemampuan mencetak sampai kertas yang lebar dengan kualitas yang baik.

jenis-printer-ink-jet

 3. Jenis Laser Jet
Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy.

Kegunaan :

Printer Ini biasa digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan yang mirip dengan aslinya biasanya printer ini digunakan untuk memproduksi reklame, kalender, dll.

Kelebihan :

– Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit.
– Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya.
– Hasil cetakan cepat kering.
– Pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari    huruf yang bersangkutan
– Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya.
– Dpi dan Ppm sangat tinggi.
– Efisien untuk mencetak hitam putih.
– Kapasitas warna lebih banyak.

jenis-printer-laser-jet

 

SUMBER PUSTAKA

http://illtorro.blogspot.com/2009/06/mouse.html

http://qiezzy.wordpress.com/2008/12/17/pengertian-apa-yach/

http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-pengenalan-jenis-jenis-printer/

http://govin500.blogspot.com/2013/02/fungsi-printer.html

http://stitna01194.blogspot.com/2009/03/keunggulan-dan-kekurangan-printer.html

 

SMILE        TERIMA KASIH

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *